Akademik

Kegiatan akademik di Program Studi PGSD dilakukan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Dalam SN Dikti jumlah minimum SKS yang diperoleh mahasiswa untuk jenjang S1 adalah sebanyak 144 SKS, sedangkan jumlah maksimum adalah sebanyak 160 SKS. Mahasiswa PGSD harus menempuh 144 SKS untuk menyelesaikan pendidikan di jenjang S1. Hal itu berarti PGSD memilih jumlah SKS minimum bagi Mahasiswanya, karena sesuai dengan kebijakan Rektor Universitas Sriwijaya. Jumlah SKS maksimum yang dapat diambil Mahasiswa di setiap semesternya adalah sebanyak 24 SKS atau disesuaikan dengan jumlah maksimum SKS yang ditawarkan di setiap semester. Mahasiswa dapat mengambil SKS maksismum di setiap semesternya apabila Indeks Prestasi (IP) setiap semester lebih dari atau sama dengan 3.00.

Tatap muka perkuliahan di PGSD sebanyak 16 kali pertemuan. Mahasiswa harus memenuhi 80 % jumlah kehadiran dalam tatap muka perkuliahan. Apabila tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka Mahasiswa wajib melapor pada Dosen Pengampu Mata Kuliah untuk meminta tugas tambahan agar dapat mengikuti Ujian Akhir Semester.  Kebijakan pemberian tugas tersebut diserahkan sepenuhnya pada Dosen Pengampu Mata Kuliah mengenai layak atau tidaknya jumlah kehadiran yang kurang digantikan dengan tugas tambahan. Ujian Tengah Semester biasanya dilakukan pada pertemuan kedelapan, sedangkan Ujian Akhir Semester dilakukan pada pertemuan terakhir, yaitu pertemuan ke-16.

Kurikulum terbaru dari Program Studi PGSD telah disesuaikan dengan Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penyusunan kurikulum tersebut dilalui dengan melakukan kegiatan Workshop Revitalisasi Kurikulum dengan mendatangkan Narasumber, Para Alumni, dan Stakeholders. Kurikulum yang dimaksud dapat di-download di Halaman Download dalam website ini.