Kegiatan Revitalisasi Kurikulum 2016

13 Desember 2016, 00:00, dibaca 254 kali
Share |

Kurikulum Program studi PGSDtelahdisusun dan dikembangkan untuk kepentingan ketercapaian kompetensi lulusan Unsri, yakni: (1) Mampu menerapkan teori dan praktis Layanan PGSD di Sekolah. (2) Menguasai IPTEK dan menerapkannya dalam layanan PGSD. (3) Mampu melakukan penelitian di bidang PGSD.(4) Menerapkan hasil penelitian dalam layanan PGSD. Untuk kepentingan tersebut, selama 5 (lima) tahun terakhir, Program studi PGSD telah merevisi kurikulum sebanyak 2(dua)kali: Kurikulum 2011(Berbasis Kom­petensi), dan pada tahun 2013 (KKNI). Pertimbangan utama dalam merevisi kurikulum adalah: (1) Kompetensi dasar untuk calon guru Sekolah Dasar, (2) Komunitas seprofesi, dan (3) Tun­tutan masyarakat pengguna (stakeholders).

Pada kurikulum  2013, telah dilakukan revisi kurikulum nasional menjadi KKNI mengacu pada Kepmendiknas 232 Tahun 2000 dan 045 Tahun 2002. Perubahan mendasar dilakukan pada): (1) Relevansi kurikulum dengan kebutuhan pemangku kepentingan dan perkembangan IPTEK, (2) Content based ke competency based, (3) Penilaian PAN ke PAP, (4) Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning, dan (5) Inovasi pembelajaran.

Berdasarkan uraian tersebut terlihat bahwa Kurikulum Program studi PGSDtelah mengalami pengembangan yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti). Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 35 yang telah diuraikan sebelumnya. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan untuk mencapai capaian lulusan Program studi PGSDFKIP Unsri.

Selanjutnya, Program Studi PGSD FKIP Unsri kembali melakukan revitalisasi kurikulum pada tahun 2016. Kegiatan tersebut dilakukan seiring diperolehnya Hibah Revitalisasi LPTK oleh FKIP Unsri. Oleh karena itu, juga terdapat program studi lain dari FKIP Unsri yang turut menyelenggarakan. Program studi yang dimaksud adalah Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Workshop Revitalisasi Kurikulum yang diselenggarakan Program Studi PGSD berlangsung selama 3 hari, yaitu pada tanggal 1 sampai dengan 3 Desember 2017. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Fahrurrozi, M.Pd. dari Program Studi PGSD Universitas Negeri Jakarta (UNJ).



Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion