HMPD Mengajar

19 Mei 2019, 12:42, dibaca 210 kali
Share |

     Palembang-Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dasar (HMPD) Universitas Sriwijaya menyelenggarakan kegiatan positif dibulan ramadhan yang penuh berkah ini. Pada kamis, 15 Mei 2019 yang lalu HMPD FKIP UNSRI koodinator wilayah Palembang adakan kegiatan mengajar anak-anak di taman TVRI dengan mengangkat tema “Belajar Bermain Bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dasar Universitas Sriwijaya”. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Dinas Pendidikan HMPD sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa pendidikan dasar untuk memajukan dan mendorong pendidikan anak-anak bangsa. 

     Kegiatan mengajar ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan generasi penerus bangsa terutama anak-anak yang masih duduk di jenjang sekolah dasar. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ini adalah anak-anak yang tinggal dilingkungan sekitar, yang biasanya bermain ditaman TVRI. Kegiatan ini tidak dipungut bayaran sepersen pun dan dilakukan secara sukarela. Panitia mengajak anak-anak tersebut untuk belajar bermain bersama HMPD dengan melakukan komunikasi yang baik melalui pendekatan persuasif sehingga mereka tertarik untuk mengikuti kegiatan ini.

    Sebelum acara di mulai, dilakukan persiapan-persiapan terlebih dahulu, mulai dari mempersiapkan alas duduk, memasang banner, mempersiapkan speaker, pemakaian headband kepada anak-anak, pendataan identitas anak-anak, dan pembagian alat-alat mewarnai kepada anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Persiapan ini digerakkan oleh seluruh panitia yang berjumlah 27 orang yang beranggotakan mahasiswa PGSD angkatan 2017 dan 2018 Palembang yang ikut andil dalam kegiatan mengajar ini.

 

Pemakaian headband kepada anak-anak

 

Pendataan identitas anak-anak yang berpartisipasi

 

Pembagian alat-alat mewarnai 

 

     Setelah semua persiapan selesai, acara pun dimulai sekitar pukul 16.00 WIB.  Acara dibuka oleh pembawa acara nonformal yaitu Olivia dan Valen dari PGSD angkatan 2018. Yang dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Rada cyntia sari selaku ketua pelaksana, dan doa oleh furry rohman. Tanpa menunda waktu lagi, kegiatan inti langsung dimulai yang diarahkan secara langsung oleh pembawa acara. Semua anak-anak mendengarkan dengan penuh antusias dan penuh semangat. Anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 18 orang dari berbagai tingkat kelas yang berbeda-beda satu sama lain. Suasana saat anak-anak mewarnai pun sangat kondusif dan tenang, mereka mewarnai dengan senang hati dan penuh keceriaan.

 

Pengarahan oleh pembawa acara saat kegiatan inti

 

Suasana ketika anak-anak sedang mewarnai sangat kondusif  

 

Suasana ketika anak-anak sedang mewarnai sangat kondusif  

 

     Kegiatan yang dilakukan tidak hanya untuk bersenang-senang belaka tetapi juga dengan memasukkan nilai-nilai edukasi dalam bidang seni dan budaya. Manfaat dari kegiatan ini adalah anak-anak dapat mengembangkan kreativitasnya, mengasah kemampuan untuk mewujudkan imainasinya, dan anak-anak dapat belajar mengekspresikan dirinya secara bebas. Sebagai bentuk perhargaan kepada anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, panitia memberikan hadiah utama kepada tiga orang anak yang mewarnai dengan sangat kreatif dan menarik, serta hadiah kecil-kecilan kepada anak-anak yang lain sebagai wujud apresiasi dari panitia. 

 

Foto bersama tiga besar kegiatan mewarnai

 

     Kegiatan ini ditutup sekitar pukul 17.30 WIB oleh pembawa acara non formal. Tak lupa dilakukan sesi foto bersama seluruh panitia untuk mengabadikan kebersamaan. Kegiatan HMPD Mengajar yang diselenggarakan ini diharapkan dapat memantapkan kinerja himpunan dan meningkatkan eksistensi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dasar (HMPD) sebagai himpunan yang baik dan bertanggung jawab pada periode 2019/2020 mendatang. (ht)

 

Foto Panitia diakhir Kegiatan HMPD Mengajar 



Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion