Mahasiswa PGSD 2018 Gelar Pementasan Sendratari

21 Mei 2019, 00:00, dibaca 249 kali
Share |

     Palembang-Sendratari merupakan penampilan seni, drama dan tari yang disajikan dalam bentuk tarian tanpa adanya dialog yang diiringi oleh musik. Pada tanggal 2 Mei 2019 yang lalu mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar bersama mahasiswa Pendidikan Guru PAUD Palembang angkatan 2018 gelar pementasan sendratari di ruang aula FKIP KM 5. Pementasan sendratari ini digelar dalam rangka untuk memenuhi UAS mata Kuliah Pendidikan Seni Tari yang dibimbing oleh Dra. Hasmalena, M.Pd.

     Pementasan sendratari yang ditampilkan oleh mahasiswa PGSD angkatan 2018 ini mengangkat cerita dari Sumatra Selatan yang berjudul Legenda Danau Teluk Gelam. Adapun tema dalam pementasan Sendratari ini adalah “BERGEMA (Bermain Peran Melalui Gerak Dan Irama)”. Tujuan diselenggarakannya pementasan Sendratari ini adalah untuk mempertahankan dan mengembangkan keberagaman tari yang ada di Indonesia, menjadikan kebudayaan Indonesia sebagai aset berharga yang dimiliki Negara dengan mengangkat seni tari dari suatu daerah.

     Sebelum kegiatan ini dimulai seluruh panitia yang merupakan mahasiswa PGSD angkatan 2018 melakukan persiapan terlebih dahulu demi kelancaran acara. Tibalah pukul 09.30 WIB akhirnya acara pementasan sendratari pun dimulai yang dibuka secara langsung oleh Putra dan Fithriyyah Ulfa DNS. Untuk memupuk rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan maka didahului dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya yang dipimpin oleh Olivia. Dan tidak lupa pembacaan ayat suci al-quran oleh Rifdah Faradillah. Selanjutnya adalah penyampaian kata sambutan oleh Alfonsus Bakti Simalango sebagai ketua pelaksana dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari bu Dra. Hasmalena, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing.

 

Pembukaan acara oleh Putra dan Fithriyyah Ulfa DNS

 

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya yang dipimpin oleh Olivia

 

     Setelah beberapa runtutan acara usai, akhirnya pementasan sendratari oleh mahasiswa-mahasiswi PGSD 2018 dimulai yang disaksikan oleh bu Dra. Hasmalena, M.Pd, guru beserta siswa dari SDN 238 Palembang, dan mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya. Pementasan sendratari ini pun berjalan lancar dan sangat mengesankan. Semua penonton bersorak meriah sembari menyaksikan pementasan sendratari dengan sangat antusias hingga akhir pementasan berakhir. 

Pementasan sendratari

 

Pementasan sendratari

 

Pementasan sendratari

 

Pementasan sendratari

 

     Untuk menghibur para siswa dari SDN 238 Palembang, maka mahasiswa PGSD 2018 Palembang ini juga menyajikan penampilan akustik dengan membawakan lagu laskar pelangi. Penampilannya pun sangat memukau dan membuat semua penonton terbawa suasana. Tak sampai disitu, para siswa pun diajak bermain games bersama-sama yang dipandu oleh Olivia dan Valen Putri Rizky. Sehingga acara ini pun Nampak sangat begitu meriah dan menyenangkan. Dan tidak lupa pula sebagai bentuk penghargaan kepada para siswa yang telah berpartisipasi, panitia memberikan hadiah untuk kenang-kenangan. Diakhir acara ini pun dilakukan sesi foto bersama untuk mengabadikan kebersamaan.

 

Games bersama para siswa SDN 238 Palembang

 

Menyanyi bersama para siswa SDN 238 Palembang

 

    Dengan diselenggarakannya pementasan sendratari ini dapat menjadikan mahasiswa dan mahasiswi PGSD sebagai mahasiswa yang terampil dan berjiwa seni tinggi. Selain itu, kegiatan ini sebagai salah satu sarana untuk mengekspresikan diri sehingga dapat memberikan sebuah karya, serta mengembangkan minat, bakat dan kemampuan seni yang dimilikinya. (ht&vi)

 

Foto bersama Bu Dra. Hasmalena, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing

 

Foto bersama Mahasiswa PGSD 2017 dan 2018 Palembang



Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion